Beberapa informasi penting

Oleh: Mursid W. Hananto

AWW

Berikut ini akan disampaikan beberapa informasi, diantaranya ada yang telah menjadi aturan yang berlaku, beberapa yang lain akan didokumentasikan menjadi sebuah aturan standar yang juga akan diberlakukan di prodi SI FMIPA UAD.

  1. Para mahasiswa aktif diminta untuk segera bertemu dosen wali/DPA (dosen pembimbing akademik) masing-masing sebelum ujian akhir semester (UAS) dimulai. Silakan anda menjalankan konsultasi dengan DPA masing-masing dan mengisi buku pembimbingan. Jangan lupa minta tandatangan pada kartu ujian anda sebab bilamana kartu ujian tidak bertandatangan, pengawas ujian berhak untuk menolak kehadiran anda di ruang ujian.
  2. Kewajiban konsultasi ke DPA juga berlaku bagi yang tidak lagi mengambil kuliah sehingga tidak ikut UAS. Bagi yang sudah tidak ikut UAS, bilamana konsultasi tiap semester kurang dari 3x, maka anda tidak akan diijinkan untuk menjalankan skripsi (proposal skripsi anda TIDAK akan disidangkan). Berlaku mulai semester ini/gasal 2013-2014 (sekarang), untuk angkatan 2008 dan seterusnya.
  3. Dalam kurikulum baru mulai tahun akademik 2014-2015, menjadi  asisten praktikum adalah wajib. Tanpa menjadi asisten minimal 2x, maka pengajuan KP anda akan ditolak/tidak akan diujikan. Sedangkan adanya nilai KP akan menjadi prasyarat skripsi. Oleh karena itu silakan mengikuti kegiatan komunitas yang dikoordinasikan HMPS, atau membentuk komunitas yang sesuai dibawah HMPS agar anda dapat memperbaiki kemampuan anda sehingga siap untuk menjadi asisten praktikum.
  4. Mulai dari menjelang akhir semester ini/gasal 2013-2014, mahasiswa yang menjalankan KP wajib menyertakan form penilaian (dimintakan ke fakultas saat mendaftar KP di TU) yang harus diisi oleh pembimbing lapangan. Mahasiswa juga harus menyertakan surat dari instansi tempat KP yang menyatakan bahwa mahasiswa bersangkutan telah menjalankan KP di instansi tersebut. Tanpa surat pernyataan dan form penilaian tersebut, KP anda tidak akan diujikan, yang berarti KP anda tidak akan memiliki nilai.

Demikian beberapa update informasi aktual tentang kegiatan akademik di prodi SI FMIPA UAD. Terima kasih atas perhatiannya.

WWW


Tags:

 
 
 

One Response to “Beberapa informasi penting”

  1. Gravatar of Mursid W. Hananto Mursid W. Hananto
    1 January 2014 at 08:19

    Informasi tambahan:
    1. Perlu diketahui bahwa aturan yang dipublikasikan di is.uad.ac.id bukanlah pernyataan pribadi, ini adalah hasil kesepakatan bulat dari prodi yang menginginkan adanya perbaikan pada kualitas para mahasiswa dan agar menjadi lebih aktif sehingga lebih berkembang baik dalam bidang akademis maupun hal lain terkait
    2. Aturan ini dalam rangka memenuhi aturan Ditjen Dikti Depdikbud yang oleh Universitas sudah diperintahkan untuk dipatuhi sejak beberapa waktu lalu, jadi memang kita saja yang belum menjalankannya sehingga perkembangan prestasi akademik mahasiswa prodi tidak sebesar yang diharapkan
    3. Aturan ini ditetapkan untuk membuat para mahasiswa semakin jelas arahnya sehingga mahasiswa dapat lulus lebih tepat waktu dan secara akademis memenuhi standar kualitas sebagai lulusan SI, mereka yang berpendapat bahwa aturan ini akan membuat mahasiswa sulit untuk dapat segera lulus adalah mereka yang terbiasa dan hanya ingin semau sendiri tetapi menginginkan hasil sebesar-besarnya
    Wallahu ‘alam bishshowab

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.