Author Guidelines »

November 30th, 2010 § Comments Off on Author Guidelines » § permalink

Jurnal Sistem Informasi Indonesia (JUSI) diterbitkan oleh Program Studi Sistem Informasi, Universitas Ahmad Dahlan. Jurnal ini merupakan jurnal peer-review yang bersifat terbuka, dapat diakses secara online, terbit setiap semester. Keterbukaan akses jurnal ini diharapkan dapat menarik lebih banyak pembaca dan kutipan naskah yang diterbitkan.

JUSI menerima kiriman naskah asli dan inovatif dalam bahasa Indonesia atau Inggris yang belum pernah dipublikasikan dan tidak sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan di tempat lain.

Pengiriman Naskah

Penulis dapat mengirimkan naskah mereka secara online.

Pedoman Umum

Penulis harus menyatakan dalam surat pengantar ketika mengirimkan naskah untuk publikasi bahwa naskah tidak mengandung unsur plagiarisme kecuali secara eksplisit dinyatakan dalam bentuk referensi.

Naskah yang ditulis oleh beberapa penulis diasumsikan bahwa semua penulis yang tertera setuju dengan pengiriman naskah dan salinan naskah terakhir yang dikirimkan telah disetujui oleh semua penulis.

Setiap pertanyaan teknis akan dirujuk kembali ke penulis, meskipun editor berhak untuk melakukan perubahan dalam naskah tanpa mengubah isi. Editor memiliki kewenangan penuh terhadap keputusan akhir: permohonan revisi kepada penulis atau penolakan pemuatan pada jurnal ini.

Penulis bertanggung jawab terhadap penelitian yang dilakukan, penyajian dan hasil yang diperoleh. Editor/Dewan Redaksi tidak bertanggung jawab terhadap pernyataan yang dibuat dan pendapat yang diungkapkan oleh penulis dalam naskah.

Format Naskah

Naskah yang dikirimkan harus disimpan dalam format asli dari pengolah kata MS Word atau OpenOffice. Pengaturan halaman dan format naskah silahkan lihat Tabel 1 dan 2.

Tabel 1. Pengaturan Halaman (Page Setup)

Tabel 2. Format Naskah

Penggunaan tanda hubung, huruf dan angka tertulis atau terbilang (misalnya, 8 atau delapan) harus konsisten di seluruh naskah.

Halaman harus diberi nomor berurutan, dimulai dengan halaman judul dan naskah harus diatur dalam urutan sebagai berikut: Judul, Abstrak, Pendahuluan, Isi, Kesimpulan, dan Referensi.

Judul, Penulis, dan Afiliasi

Judul naskah merupakan ide yang sangat pokok, tidak terlalu luas dan tidak terlalu sempit, mewakili isi.

Nama (para) penulis ditulis sesuai urutan dari kiri ke kanan tanpa gelar diikuti dengan lembaga afiliasi dan alamatnya termasuk alamat e-mail, tambahkan tanda asterisk (*) pada nama penulis koresponden.

Abstrak dan Kata Kunci

Abstrak harus mencakup: latarbelakang dan tujuan penelitian, deskripsi singkat penelitian (desain/metodologi), diikuti hasil yang diperoleh dan kesimpulan yang relevan dengan tujuan penulisan naskah. Abstrak tidak boleh lebih dari 250 kata.

Di bawah abstrak, tuliskan 3-6 kata kunci yang spesifik sesuai dengan topik penelitian.

Pendahuluan, Isi, dan Kesimpulan

Bagian Pendahuluan memuat latarbelakang dan tinjauan literatur, namun tidak boleh terlalu luas, harus merujuk pada penelitian sebelumnya yang memiliki kaitan langsung dengan topik yang akan dibahas; tujuan dan manfaat (kontribusi) penelitian.

Bagian isi dapat dibagi dalam beberapa sub pokok pembahasan sesuai dengan kebutuhan tulisan. Tidak ada batasan yang baku mengenai jumlah pemerincian sub pokok bahasannya; tetapi setidaknya mengandung: metode, hasil, dan pembahasan. Detail prosedur yang telah dipublikasikan sebelumnya harus dirujuk oleh kutipan.

Penomoran heading dengan sistem Arabic dengan sub-heading maksimal 3 tingkat.

Grafik, tabel dan gambar harus secara internal disajikan secara konsisten sebagai bagian utuh naskah.

Ucapan Terima Kasih

Ucapan terima kasih dapat dituliskan di bagian akhir naskah sebelum referensi kepada perseorangan atau lembaga yang memiliki andil dalam penulisan naskah (misalnya, memberikan bantuan dana, bantuan teknis menulis atau koreksi naskah, dll).

Referensi

Referensi ke sumber publikasi lain menggunakan sistem Harvard. Penulis bertanggung jawab terhadap kelengkapan, akurasi, dan konsistensi pengacuan dan sumber-sumber referensinya.

Sitasi pada naskah publikasi: (Adams, 2006) menggunakan nama belakang penulis atau (Adams dan Brown, 2006) untuk sitasi dua nama, atau (Adams et al., 2006), ketika terdapat tiga nama atau lebih penulis. Daftar referensi dituliskan di bagian akhir naskah diurutkan secara alfabetis:

  1. Buku: Namabelakang, Inisial (tahun), Judul Buku, Kota: Penerbit. 
e.g. Harrow, R. (2005), No Place to Hide, New York, NY: Simon & Schuster.
  2. Bunga rampai: Namabelakang, Inisial (tahun), “Judul Tulisan”, Namabelakang editor, Initial (Ed.), Judul Buku, Kota: Penerbit, halaman. 
e.g. Calabrese, F.A. (2005), “The early pathways: theory to practice – a continuum”, in Stankosky, M. (Ed.), Creating the Discipline of Knowledge Management, New York, NY: Elsevier, pp. 15-20.
  3. Jurnal: Namabelakang, Inisial (tahun), “Judul artikel”, Nama Jurnal, volume, nomor, halaman.
 e.g. Capizzi, M.T. and Ferguson, R. (2005), “Loyalty trends for the twenty-first century”, Journal of Consumer Marketing, Vol. 22 No. 2, pp. 72-80.
  4. Prosiding: Namabelakang, Inisial (tahun), “Judul artikel”, dalam Namabelakang editor, Inisial (Ed.), Judul prosiding yang memuat even penyelenggaraan seminar, Kota: Penerbit, halaman. 
e.g. Jakkilinki, R., Georgievski, M. and Sharda, N. (2007), “Connecting destinations with an ontology-based e-tourism planner”, dalam Information and communication technologies in tourism 2007 proceedings of the international conference in Ljubljana, Slovenia, 2007, Vienna: Springer-Verlag, pp. 12-32.
  5. Artikel koran/majalah: Namabelakang, Inisial (tahun), “Judul artikel”, Koran/Majalah, tanggal, halaman. 
e.g. Smith, A. (2008), “Money for old rope”, Daily News, 21 January, pp. 1, 3-4.
  6. Artikel koran/majalah (tanpa penulis): Koran/Majalah (tahun), “Judul artikel”, tanggal, halaman. 
e.g. Daily News (2008), “Small change”, 2 February, p. 7.
  7. Sumber elektronik: diharuskan mencantumkan URL penuh di akhir referensi, termasuk tanggal mengakses sumber tersebut. 
e.g. Castle, B. (2005), “Introduction to web services for remote portlets”, tersedia di: http://www-128.ibm.com/developerworks/library/ws-wsrp/ (diakses 12 November 2007). Sumber referensi elektronik tanpa penulis atau tanggal, URL dicantumkan diakhir kutipan di dalam naskah diapit tanda kurung.

Gambar (Gambar/Grafik/Diagram)

Jumlah gambar harus dibatasi pada bagian penting saja. Gambar hanya diperkenankan dalam format .tiff, .png, .jpg, diletakkan dalam naskah yang tepat dengan resolusi dan kontras yang baik untuk dicetak hitam-putih. Setiap gambar diberi keterangan yang ringkas dan jelas di bawah gambar, dan bernomor urut sesuai urutan kemunculan di dalam naskah.

Tabel

Tabel harus disajikan pada tempat yang sesuai dan merupakan bagian naskah. Setiap tabel diberi judul yang ringkas dan jelas di atas tabel, dan bernomor urut sesuai urutan kemunculan di dalam naskah. Tabel tidak diperkenankan disajikan dalam bentuk image.

Formula

Formula (rumus/persamaan matematika) harus ditulis dengan jelas menggunakan indeks bernomor urut sesuai urutan kemunculan formula, rata kanan. Semua simbol, huruf Yunani dan karakter yang tidak biasa harus diberi keterangan. Sebaiknya formula ditulis menggunakan editor formula yang disediakan oleh pengolah kata.

Guideline dan Template

Download petunjuk penulisan ini (pdf, 274 KB), dan template naskah publikasi pada JUSI (doc, 82 KB).