Kelompok Keilmuan

Program Studi Sistem Informasi FMIPA UAD memiliki para pengajar yang masing-masing juga memiliki bidang keahlian khusus. Para pengajar ini kemudian berkumpul sesuai dengan Kelompok Keilmuan masing-masing, sekaligus menyesuaikan diri dengan kurikulum yang diberlakukan di Prodi SI. Pengelompokan para dosen sesuai bidang keahliannya ini memungkinkan pengembangan yang lebih fokus pada matakuliah serta hal-hal terkait matakuliah tersebut, dengan tetap berada pada koridor ilmu Sistem Informasi.

Termasuk diantara tugas kelompok keilmuan adalah membahas, mencermati, dan mendiskusikan matakuliah yang dikelola, sampai pada pencermatan bahan ujian yang diselenggarakan di tengah maupun akhir semester. Selain itu, kelompok keilmuan juga mengelola riset/penelitian terkait bidang yang dikelola, dan ini termasuk penelitian mahasiswa baik berupa skripsi maupun untuk kebutuhan lain (proyek, kompetisi tingkat mahasiswa semisal PKM, dan hal lain yang membutuhkan suatu proses riset pada topik tertentu). Kelompok keilmuan dapat memberikan berbagai keluaran, diantaranya yang terkait secara langsung dalam kegiatan akademik Prodi sehari-hari adalah SAP/Silabus, Rancangan Praktikum, PKM, Publikasi (Jurnal/Seminar), HKI, Pengabdian, Training, dan Seminar.

Setiap Kelompok Keilmuan dikelola oleh para dosen yang ditunjuk sebagai Koordinator Bidang Ilmu, dan para dosen yang menjadi anggota Kelompok Keilmuan tersebut. Terdapat tiga level kelompok keilmuan di Prodi SI FMIPA UAD, yaitu:
1. Kelompok keilmuan level 1, berisi kelompok keilmuan Karakter Ke-Muhammadiyah-an dan Ke-Indonesia-an
2. Kelompok keilmuan level 2, mengelola 2 kelompok yaitu:
    a. Bisnis dan Manajemen
    b. Informatika Teori dan Pemrograman
3. Kelompok keilmuan level 3, mengelola 3 kelompok yaitu:
    a. IT Governance and Infrastructure
    b. Information Science and Engineering
    c. Multimedia and Mobile Computing

Berikut ini adalah informasi kelompok keilmuan di Prodi SI FMIPA UAD pada level 2 dan 3, yaitu nama-nama kelompok, koordinator masing-masing, para anggota, matakuliah yang dikelola, dan area riset/penelitian yang dikerjakan. Kelompok keilmuan level 1 yang mengelola topik nilai-nilai keIslaman, keMuhammadiyahan, dan keIndonesiaan, dikoordinasi oleh Kaprodi karena mencakup matakuliah wajib yang diselenggarakan oleh Universitas yaitu: Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris (Prodi SI: Bahasa Inggris 1 & 2), Studi Islam 1-4 (Al Qur’an & Hadist, Aqidah Islam, Fiqih Ibadah, dan Islam Interdisipliner), Kewirausahaan (Prodi SI: Technopreneurship), dan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Kelompok Keilmuan: Bisnis & Manajemen
    Koordinator: Imam Azhari
    Anggota: Tawar, Farid Suryanto
    Matakuliah: Pengantar Bisnis dan Manajemen, Dasar-Dasar Sistem Informasi, Analisis Proses Bisnis, Komunikasi Interpersonal, Pengelolaan Sumber Daya Manusia, Perilaku Organisasi, E-Business, Etika Profesi, Manajemen Proyek Teknologi Informasi, dan Sistem Informasi Akuntansi.
    Area Riset:

Kelompok Keilmuan: Informatika Teori & Pemrograman
    Koordinator: Suprihatin
    Anggota: Iwan Tri RY, Imam Azhari
    Matakuliah: Pengantar Teknologi Informasi, Algoritma dan Pemrograman 1 & 2, Pemrograman Visual, Matematika Diskrit, Struktur Data, Basis Data, Basis Data Lanjut, Fisika untuk SI, Matematika Dasar, Statistika & Probabilitas, dan Sistem Pendukung Keputusan.
    Area Riset:

Kelompok Keilmuan: IT Governance and Infrastructure (ITGI)
    Koordinator: Tawar
    Anggota: Suprihatin, Imam Riadi
    Matakuliah: Analisis dan Desain Sistem Informasi, Proyek Pengembangan Sistem Informasi, Audit Sistem/Teknologi Informasi, Sistem Enterprise, Sistem Informasi Geografis, Manajemen Sistem Informasi, Arsitektur & Organisasi Komputer, Sekuritas Komputer, Sistem Operasi, Administrasi Sistem & Jaringan, Sistem Enterprise, Teknologi Pendukung Manajemen, Sistem Terdistribusi, Manajemen Resiko TI, Tata Kelola TI, dan Kerja Praktik.
    Area Riset: Sistem dan framework software berbasis open source, meliputi e-government, e-business, e-health dan industri kreatif.

Kelompok Keilmuan: Information Science and Engineering (ISE)
    Koordinator: Imam Riadi
    Anggota: Imam Azhari, Iwan Tri RY, Arif Rahman, Mursid WH
    Matakuliah: Interaksi Manusia Komputer, Perancangan Antarmuka Pengguna, Visualisasi Informasi, Data Mining, Forensik Digital, Rekayasa Perangkat Lunak, Penjaminan Mutu Perangkat Lunak, Teknik Penulisan Ilmiah, Metode Penelitian, Sistem Berorientasi Objek, dan Data Mining.
    Area Riset: IT/IS Security, riset peningkatan konten TIK, meliputi data & informasi geo-spasial, dan pengembangan teknologi Big Data.

Kelompok Keilmuan: Multimedia and Mobile Computing (MMC)
    Koordinator: Arif Rahman
    Anggota: Mursid WH, Farid Suryanto
    Matakuliah: Jaringan Komputer, Teknologi Web, Teknologi Web Lanjut, Teknologi Multimedia, Multimedia Online, Sistem Terdistribusi, Teknologi Perangkat Bergerak, Sistem Informasi Multimedia, Teknologi Inter-Intranet, Desain & Pengelolaan Jaringan, dan Sistem Edukatif & Instruksional.
    Area Riset: Konsep dan penerapan teknologi multimedia dan internet, meliputi pengembangan konten dan aplikasi multimedia, metode dan distribusi layanan multimedia digital, web interaktif, dan aplikasi untuk perangkat mobile.