prodi sistem informasi

Visi Misi



Visi PS Sistem Informasi

Visi program studi adalah “Menjadi program studi yang terpercaya serta unggul dalam bidang sistem informasi  yang mendukung organisasi, usaha masyarakat dan industri  yang berkontribusi pada daya saing nasional dilandasi nilai-nilai Islam”.

Misi PS Sistem Informasi

PS Sistem Informasi mengemban misi sebagai berikut: 

  1. Menyelenggarakan program akademik untuk membentuk tenaga profesional yang handal dalam pengembangan maupun pengelolaan sistem dan teknologi informasi.
  2. Menyelenggarakan penelitian Dosen dan Mahasiswa dengan orientasi pada karya ilmiah maupun produk yang memberi dampak pada kemanfaatan dengan pengakuan secara nasional. 
  3. Menyebarluaskan kepakaran Dosen dan Mahasiswa untuk mendukung organisasi, usaha masyarakat dan industri melalui penumbuhan kemampuan dalam memanfaatkan teknologi dan informasi.
  4. Membangun kerjasama yang sinergis dengan perguruan tinggi, pemerintah, industri, organisasi  dan dunia usaha pada skala nasional.
  5. Mengimplementasikan pedoman hidup nilai-nilai Islami dalam setiap aktivitas akademik maupun non-akademik di dalam dan luar lingkungan program studi.

Tujuan Program Studi Sistem Informasi

Tujuan yang ingin dicapai PS Sistem Informasi adalah:

  1. Membentuk lulusan yang terpercaya dan unggul dalam menguasai kemampuan untuk mengembangkan, mengaplikasikan, dan mengelola sistem dan teknologi informasi untuk mendukung organisasi, usaha masyarakat dan industri.
  2. Menghasilkan lulusan yang menguasai kemampuan entrepreneurship dalam bidang teknologi dan sistem informasi agar dapat memiliki kemandirian dalam berwirausaha.
  1. Menghasilkan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal nasional terakreditasi dan/atau jurnal internasional bereputasi.
  2. Menghasilkan penelitian Dosen dan Mahasiswa yang berpotensi HAKI.
  3. Melaksanakan pengabdian yang dapat menjadi solusi dan meningkatkan taraf hidup masyarakat atau kelompok masyarakat.
  4. Menyelenggarakan aktivitas kerjasama kelembagaan dalam penelitian, pengabdian, peningkatan kompetensi sumber daya manusia, dan aktivitas yang berbasis pada profesi bidang sistem informasi.
  5. Melaksanakan Pedoman Hidup Islami (PHI) di lingkungan program studi.

Profil lulusan PS Sistem Informasi:

  1. System Analyst and Design

Deskripsi: Lulusan yang mempunyai kemampuan dalam menganalisis kebutuhan sistem dan mendesain sistem sesuai kebutuhan organisasi, usaha masyarakat dan industri.

      2. Development System

Deskripsi: Lulusan mempunyai kemampuan dalam mengimplementasi dan evaluasi sistem informasi dan teknologi yang digunakan untuk menunjang kegiatan di organisasi, usaha masyarakat dan industri.

      3. Enterprise Architecture Analyst

Deskripsi: Lulusan yang memiliki kemampuan dalam memahami bisnis, menemukan isu penting, menemukan kekuatan dan kelemahan serta saran perbaikan di organisasi, usaha masyarakat dan industri

       4. Entrepreneur di Bidang Teknologi Informasi

Deskripsi: Lulusan mempunyai kemampuan dalam membuat, mempromosikan dan mengelola  usaha  dalam bidang teknologi informasi.

Sistem Informasi: An Overview



Sistem informasi merupakan kumpulan metode, teknik, algoritma yang mentransformasi data menjadi informasi agar berguna bagi individu maupun kelompok dalam suatu organisasi.

Di Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Program Studi Sistem Informasi mempelajari analisis dan desain sistem informasi, database, rekayasa perangkat lunak, jaringan komputer, interaksi manusia-komputer,  pengetahuan bisnis dan manajemen, keamanan komputer, manajemen proyek, dan sistem pendukung keputusan.

Perbedaan Sistem Informasi dengan Informatika/Ilmu Komputer

Domain space substansi kajian Sistem Informasi vs Informatika/Ilmu KomputerSistem Informasi dan Informatika keduanya melibatkan teknologi komputer. Informatika mengambil peran pada kajian komputasi pada perspektif inner-workings yang melibatkan prinsip-prinsip desain hardware dan software.

Sistem Informasi, di sisi lain, mengkaji teknologi komputasi dari perspektif manusia sebagai pengguna. Sistem Informasi UAD berfokus pada pemanfaatan teknologi informasi agar dapat diterapkan untuk memenuhi kebutuhan informasi masyarakat dan organisasi. Ini sebabnya kami di UAD melihat Sistem Informasi sebagai human-side computing.

Sistem Informasi

Program Studi Sistem Informasi lebih berfokus pada pengintegrasian solusi berbasis teknologi informasi dengan proses bisnis untuk memenuhi kebutuhan informasi bisnis dan usaha-usaha lain, yang memungkinkan tercapainya tujuan sebuah organisasi dengan efektif dan efisien. Perspektif bidang ilmu ini lebih memandang teknologi sebagai instrumen untuk mencatat, menghasilkan, mengolah, serta mendistribusikan informasi. Ahli-ahli di bidang ini memiliki kemampuan untuk memetakan kebutuhan informasi sebuah organisasi, dan menentukan cara terbaik teknologi informasi dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Selain penguasaan aspek teknologi informasi, seorang pakar sistem informasi juga harus memahami prinsip-prinsip manajemen dan bisnis. Sebagai konsekuensinya, kurikulum di bidang sistem informasi juga mencakup materi mengenai kerangka bisnis dan manajemen, di samping penguasaan teknologi perangkat lunak dan perangkat keras komputer.

Lulusan dari program ini memiliki keahlian yang sangat dibutuhkan industri saat ini, di mana pemanfaatan teknologi informasi sering menjadi kunci keunggulan sebuah organisasi.

Teknik Informatika/Ilmu Komputer

Program yang berjudul Ilmu Komputer dan Teknik Informatika pada dasarnya adalah program yang sama. Cakupannya cukup luas, mulai dari fondasi teoritis mengenai perancangan algoritma, yaitu konsep dasar yang melandasi pengembangan perangkat lunak, sampai kepada penerapan mutakhir berupa aplikasi robotika, kecerdasan buatan, bio-informatika, dan topik-topik menarik lainnya.

Fokus kurikulum Ilmu Komputer dan Teknik Informatika seringkali lebih ilmiah dan teoritis, dan cukup banyak mengandung unsur matematika dan logika.

Seorang lulusan Ilmu Komputer/Teknik Informatika memiliki kemampuan untuk merancang dan mengembangkan perangkat lunak yang canggih untuk menyelesaikan permasalahan yang rumit. Mereka jugalah yang senantiasa menemukan inovasi baru di bidang ilmu komputer. Sebagai contoh, saat ini kita sudah mengenal baik fasilitas Internet dan World Wide Web, yang tidak akan terwujud tanpa kemajuan di sub-bidang ilmu komputer seperti jaringan komputer (computer networking), basis data (database), serta interaksi manusia komputer. Saat ini, ilmuwan komputer menggunakan teknologi komputer untuk pengembangan robot yang cerdas, pemodelan DNA manusia, serta pembuatan program yang dapat memahami berbagai data dalam bentuk teks, gambar, suara, maupun video.

Kampus 4 (Kampus Utama)

Universitas Ahmad Dahlan
Jl. Ahmad Yani (Ringroad Selatan) Tamanan Banguntapan Bantul Yogyakarta 55166
Telepon : (0274) 563515, 511830, 379418, 371120 Ext.
Telepon : –
Faximille : 0274-564604
Email : office[at]is.uad.ac.id

Daftar di UAD dan kembangkan potensimu dengan banyak program yang bisa dipilih untuk calon mahasiswa

Informasi PMB
Universitas Ahmad Dahlan

Telp. (0274) 563515
Hotline PMB
S1 – 0853-8500-1960
S2 – 0878-3827-1960