Sistem Informasi: An Overview

Sistem informasi merupakan kumpulan metode, teknik, algoritma yang mentransformasi data menjadi informasi agar berguna bagi individu maupun kelompok dalam suatu organisasi.

Di Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Program Studi Sistem Informasi mempelajari analisis dan desain sistem informasi, database, rekayasa perangkat lunak, jaringan komputer, interaksi manusia-komputer,  pengetahuan bisnis dan manajemen, keamanan komputer, manajemen proyek, dan sistem pendukung keputusan.

Perbedaan Sistem Informasi dengan Informatika/Ilmu Komputer

Domain space substansi kajian Sistem Informasi vs Informatika/Ilmu KomputerSistem Informasi dan Informatika keduanya melibatkan teknologi komputer. Informatika mengambil peran pada kajian komputasi pada perspektif inner-workings yang melibatkan prinsip-prinsip desain hardware dan software.

Sistem Informasi, di sisi lain, mengkaji teknologi komputasi dari perspektif manusia sebagai pengguna. Sistem Informasi UAD berfokus pada pemanfaatan teknologi informasi agar dapat diterapkan untuk memenuhi kebutuhan informasi masyarakat dan organisasi. Ini sebabnya kami di UAD melihat Sistem Informasi sebagai human-side computing.

Sistem Informasi

Program Studi Sistem Informasi lebih berfokus pada pengintegrasian solusi berbasis teknologi informasi dengan proses bisnis untuk memenuhi kebutuhan informasi bisnis dan usaha-usaha lain, yang memungkinkan tercapainya tujuan sebuah organisasi dengan efektif dan efisien. Perspektif bidang ilmu ini lebih memandang teknologi sebagai instrumen untuk mencatat, menghasilkan, mengolah, serta mendistribusikan informasi. Ahli-ahli di bidang ini memiliki kemampuan untuk memetakan kebutuhan informasi sebuah organisasi, dan menentukan cara terbaik teknologi informasi dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Selain penguasaan aspek teknologi informasi, seorang pakar sistem informasi juga harus memahami prinsip-prinsip manajemen dan bisnis. Sebagai konsekuensinya, kurikulum di bidang sistem informasi juga mencakup materi mengenai kerangka bisnis dan manajemen, di samping penguasaan teknologi perangkat lunak dan perangkat keras komputer.

Lulusan dari program ini memiliki keahlian yang sangat dibutuhkan industri saat ini, di mana pemanfaatan teknologi informasi sering menjadi kunci keunggulan sebuah organisasi.

Teknik Informatika/Ilmu Komputer

Program yang berjudul Ilmu Komputer dan Teknik Informatika pada dasarnya adalah program yang sama. Cakupannya cukup luas, mulai dari fondasi teoritis mengenai perancangan algoritma, yaitu konsep dasar yang melandasi pengembangan perangkat lunak, sampai kepada penerapan mutakhir berupa aplikasi robotika, kecerdasan buatan, bio-informatika, dan topik-topik menarik lainnya.

Fokus kurikulum Ilmu Komputer dan Teknik Informatika seringkali lebih ilmiah dan teoritis, dan cukup banyak mengandung unsur matematika dan logika.

Seorang lulusan Ilmu Komputer/Teknik Informatika memiliki kemampuan untuk merancang dan mengembangkan perangkat lunak yang canggih untuk menyelesaikan permasalahan yang rumit. Mereka jugalah yang senantiasa menemukan inovasi baru di bidang ilmu komputer. Sebagai contoh, saat ini kita sudah mengenal baik fasilitas Internet dan World Wide Web, yang tidak akan terwujud tanpa kemajuan di sub-bidang ilmu komputer seperti jaringan komputer (computer networking), basis data (database), serta interaksi manusia komputer. Saat ini, ilmuwan komputer menggunakan teknologi komputer untuk pengembangan robot yang cerdas, pemodelan DNA manusia, serta pembuatan program yang dapat memahami berbagai data dalam bentuk teks, gambar, suara, maupun video.