Penawaran Topik Penelitian untuk Skripsi

Oleh: Mursid W. Hananto

AWW

Dengan ini disampaikan informasi tawaran topik penelitian kepada mahasiswa Prodi SI FMIPA UAD. Informasi ini diperuntukkan utamanya untuk mahasiswa yang mengambil peminatan PSI, khususnya yang memiliki ketertarikan ataupun rasa ingin tahu pada penerapan teknologi 3D yang bersifat online via Web (Web3D). Hal ini dikarenakan fokus penelitian mahasiswa nantinya adalah pada penggunaan teknologi Web3D untuk mengembangkan situs web atau aplikasi tertentu sesuai kebutuhan atau berdasarkan problem yang telah diidentifikasi.

Pemahaman pada teknologi web dasar (client-side) atau web konvensional merupakan prasyarat minimal. Pemahaman pada teknologi web lanjut (server-side) tidak diperlukan, kecuali bila ingin mengembangkan topik lebih lanjut menjadi penggabungan teknologi web konvensional (2D) yang bersifat dinamis dan teknologi Web3D. Pemahaman dalam menggunakan perangkat lunak permodelan 3D akan sangat membantu.

Topik-topik yang ditawarkan adalah sebagai berikut:
1. Pembaruan Situs Web3D Kampus 3 UAD
2. Optimasi Situs Web3D Kampus 3 UAD
3. Restrukturisasi Halaman Penyerta Situs Web3D Kampus 3 UAD
4. Museum Virtual
5. Showcase Toko Virtual
6. Catalog Bengkel Virtual
7. Learning/Tutorial App

Khusus no.1 s.d 3, mahasiswa akan menjadi bagian dari penelitian dosen, bekerja bersama dalam tim untuk membangun sebuah situs yang menggunakan teknologi Web3D. Topik no. 4 s.d 7 merupakan topik yang sebaiknya memiliki studi kasus, lebih baik dari luar UAD. Ragam topik lain yang serupa/terkait di atas dapat pula diusulkan mahasiswa bila diinginkan.

Peminat untuk topik khusus di atas dapat segera mengontak dosen yaitu Mursid W. Hananto untuk mendiskusikan berbagai hal terkait, mulai dari konsep, judul, pengerjaan, tools, hingga pelaporan. Termasuk diantaranya adalah mempersiapkan kegiatan penelitian yang dijalankan untuk disertakan dalam rintisan Unit Aplikasi dan Produksi (UAP) Prodi SI yang sedang dipersiapkan. Terima kasih atas perhatiannya.

WWW


Tags: , , , , , , ,

 
 
 

Comments are closed.