Workshop Metodologi Penelitian

Oleh: Mursid W. Hananto

AWW

Information Technology Training Center (ITTC) UAD yang didukung oleh Prodi Sistem Informasi UAD dan Asosiasi Sistem Informasi Indonesia (AISINDO) menyelenggarakan event nasional yaitu Workshop Metodologi Penelitian Sistem Informasi. Event ini diselenggarakan pada tanggal 26 dan 27 Juli 2017 bertempat di Hotel Puri Artha, Yogyakarta. Workshop diselenggarakan dalam rangka meningkatkan pemahaman para dosen dan peneliti bidang Sistem Informasi agar dapat menjalankan penelitian serta memberikan hasil yang optimal sesuai tujuannya.

Acara diikuti oleh 81 peserta dari berbagai asal instansi dan daerah. Pada awalnya ditargetkan peserta workshop 40 orang, tetapi karena para peminat workshop ternyata cukup besar, maka panitia kemudian melakukan penyesuaian. Para peserta juga tidak hanya berasal dari kalangan akademik, tetapi juga dari kalangan praktisi. Bidang keahlian peserta juga beragam, selain dari bidang Sistem Informasi sendiri, juga terdapat peserta dari bidang Informatika/Ilmu Komputer, Ekonomika dan Bisnis, dan lain-lain.

Pemateri adalah para pakar bidang Sistem Informasi yaitu Paulus Insap Santosa, Ph.D dari UGM, dan Samiaji Sarosa, Ph.D dari UAJY. Dalam workshop tersebut, Insap Santosa Ph.D menyampaikan materi tentang Penelitian Kuantitatif, sedangkan Samiaji Sarosa Ph.D menyampaikan materi tentang Penelitian Kualitatif. Kedua pemateri menyajikan materinya dari jam 8.00 pagi sampai dengan jam 8.00 malam. Meskipun hampir secara marathon, ternyata antusiasme peserta tetap tinggi dan mengikuti workshop dari awal sampai bagian akhir.

Peserta Prodi SI UAD bersama Pak Insap Santosa

Acara ini telah berlangsung dengan baik dan lancar, serta memunculkan banyak hal yang membuka pandangan para peserta menjadi lebih luas tentang hal-hal terkait metodologi penelitian dalam bidang Sistem Informasi. Diharapkan bahwa para peserta nantinya dapat memanfaatkan pengetahuan ini untuk meningkatkan kualitas proses maupun hasil penelitiannya terutama dalam bidang Sistem Informasi, sehingga dapat memberikan solusi yang lebih baik untuk problem yang hendak dipecahkan.

WWW


Tags: , , , , , , ,

 
 
 

Comments are closed.